Tutorial Mengelola Bot Knowledge

Riska
27 Maret 2025
Tutorial
Tutorial Mengelola Bot Knowledge

Selamat datang! Bot Knowledge adalah basis pengetahuan yang akan digunakan oleh AI Chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan dan mengelolanya:

  1. Masuk ke Halaman Bot Knowledge

    • Klik pada tab Sender WhatsApp di menu atas, pilih sender yang ingin di atur, lalu klik menu Bot Knowledge di panel sebelah kiri.

  2. Tambahkan Knowledge Baru

    • Klik tombol + Tambah Knowledge untuk membuat entri pengetahuan baru.

  3. Isi Detail Knowledge

    • Judul: Berikan judul yang singkat dan jelas untuk entri pengetahuan Anda.

    • Konten: Tuliskan informasi detail yang ingin Anda sampaikan.

    • Kategori: Pilih kategori yang sesuai untuk entri pengetahuan Anda.

    • Sumber: Pilih sumber informasi, apakah internal atau eksternal.

    • Tag: Tambahkan tag yang relevan untuk memudahkan pencarian dan pengorganisasian. Pisahkan tag dengan spasi.

    • Simpan: Setelah selesai, klik tombol Simpan.

  4. Kategori Knowledge :

    1. Panduan : Penjelasan panduan / cara umum.

    Contoh:

    Apa itu AI generatif?

    Bagaimana cara kerja AInya?

    2. Prosedur : Langkah-langkah yang perlu dilakukan. Bisa bersifat wajib.

    Contoh:

    Cara memerintahkan AI mengikuti sesuai kemauan.

    Prosedur mengelola pengetahuan AI sebelum diaktifkan.

    3. Layanan : Penjelasan tentang layanan. Bisa soal kontak, lokasi pelayaan, atau pelayanan perusahaan / usaha. Bisa juga mengarah ke jasa.

    Contoh:

    Penjelasan layanan salon. Selain melayani perawatan rambut juga melayani perawatan badan, wajah, dan mani pedicure.

    Nomor kontak layanan usaha untuk pelanggan berminat jasa offline.

    4. Tutorial : Mirip seperti Panduan. Bedanya ada langkah-langkah untuk caranya., sering kali dilengkapi dengan contoh atau ilustrasi.

    Contoh:

    Tutorial setting AI Chatbot Bablast.

    Tutorial membuat group Bablast.

    5. FAQ : Kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya untuk membantu pengguna. Dan disertakan juga dengan jawabannya.

    Contoh:

    Bagaimana cara mendaftar akun AI?

    Berapa lama training model AI biasanya berlangsung?

    6. Produk : Penjelasan tentang produk / barang yang dijual.

    Contoh:

    Harga paket Bablast.

    Deskripsi produk Bablast.

    7. Fitur : Fitur atau fasilitas/benefit yang ada pada produk.

    Contoh:

    Fitur Whatsapp Blasting

    Fitur Warming Up

    8. Troubleshooting : Solusi penyelesaian masalah.

    Contoh:

    Mengatasi error pada AI.

    Memperbaiki kontak yang tidak terimport.

    9. Best Practice : Rekomendasi cara terbaik atau standar untuk menggunakan produk.

    Contoh:

    Cara terbaik agar kamu bisa sukses seperti Elon musk

    Cara terbaik agar AI kamu jawabannya tidak ngaco..

    10. Update & Changelog : Informasi terbaru terkait pembaruan fitur, layanan, atau produk.

    Contoh:

    Update bablast versi terbaru.

    Pembaruan pada whatsapp blasting tambahan fitur spintext.

    11. Kebijakan : Penjelasan tentang kebijakan yang pada suatu bisnis. Seperti syarat dan ketentuan. Soal keamanan, jaminan, dan lain-lain.

    Contoh:

    Kebijakan penggunaan data pengguna.

    Kebijakan etika penggunaan AI.

    12. Tips and Trick : Kiat-kiat singkat, cara atau trik untuk memaksimalkan penggunaan suatu produk.

    Contoh:

    Trik agar model AI lebih akurat.

    Tips menggunakan prompt dan tags agar jawaban tertarget.

    13. Integrasi : Panduan dan informasi tentang cara menghubungkan ke aplikasi.

    Contoh:

    Cara mendaftar sekolah A ke sekolah B

    Bagaimana cara menghubungkan platform A ke B.

  5. Edit atau Hapus Knowledge

    • Anda dapat mengedit atau menghapus entri pengetahuan yang sudah ada dengan mengklik tombol Edit atau Hapus di kolom Aksi.

Terimakasih telah mengikuti tutorial ini! Jika ada pertanyaan mengenai Bablast. Jangan ragu untuk hubungi kami.

Tutorial Terkait

Butuh Bantuan?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami kesulitan, tim support kami siap membantu.

Hubungi Support