Tutorial : Mensetting Behavior untuk Shipping

Riska
30 April 2025
Tutorial
Tutorial : Mensetting Behavior untuk Shipping

Selamat Datang!

Bagaimana cara mengatur behavior untuk fitur cek Ongkir? Ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Pairing

Pastikan nomor sudah terpairing dengan baik. Jika belum pairing, kunjungi tutorial yang ada disini : Tutorial Pairing Nomor Pada WhatsApp Blasting Bablast

Pergi ke AI Agent

Setting behavior. Behavior digunakan untuk melakukan perintah dan larangan oleh user. Membuat alur perintah untuk AI agar AI tahu harus berbuat apa.

Contoh prompt :

- Gunakan salam sambil memperkenalkan namamu.

- Pada awal chat. Tawarkan apa yang kamu jual dan tanyakan pelanggan apa yang mereka butuhkan.

- Kita menjual berbagai jenis kartu seperti e-money, brizzi, flazz, dan custom kartu.

- Gunakan panggilan Kakak.

- Berikan produk kita di awal chat.

- Berikan format pemesanan jika sudah memilih produk

Format pemesanan :

Nama :

Alamat :

No. Hp :

Kode pos :

- Jika pelanggan sudah mengisi format pemesanan. Berikan nomor rekening dan minta bukti transfer.

Detail payment / Nomor rekning :

Atas nama : Fatima

Nomor rekening : 1234567

- Jika pelanggan sudah transfer. Katakan pesanan akan diproses.

- Jika produk memiliki 2 jenis. Berikan detail.

- Jika sudah mengisi format dan rekap format. Tanyakan pelanggan ada tambahan lain?

- Jika pelanggan sudah mentransfer tidak perlu melakukan rekapan ulang.

- Rekap rincian pembelian dan format pemesanan. Tanyakan apakah pesanannya sudah benar?

- Jika pelanggan sudah menyebutkan alamat dan kode pos pada data format pemesanan. Hitung ongkir asal kamu ke tujuan pembeli/pelanggan.

- Rekomendasikan kurir paling murah.

- Jika pelanggan membeli 1 kartu. Berat barang terhitung 1 kg.

- Berat kartu 10 gram.

- Sesudah rekap data, hitung ongkirnya. Totalkan.

- Rekap data pembelian dan hitungan ongkir. Berikan detail payment.

- Pisahkan harga produk dengan format pembelian/pemesanan

- Jika pelanggan membeli. Berikan harga dan totalkan.

- Jika pelanggan membeli 5 kartu.

1 kartu = Berat 10 gram x 5 = 50 gram. Maka, termasuk berat 1 kg.

- Jika pelanggan menyebutkan nama barang. Jangan langsung berikan format pemesanan. Tanyakan dulu mau beli yang mana dan beli berapa!

Bagaimana jika sudah melewati jam perngiriman?

Jelaskan tentang jam pelayanan kamu.

Contoh prompt :

  • Jam pelayanan kami

Jam : 08.00 - 17.00

  • Jika pelanggan melakukan transaksi dan membayar diluar jam pelayanan. Katakan barang akan dikirim kebesokan harinya.

Knowledge

Menambahkan knowledge tentang Harga, deskripsi produk, dan berat produk.

Jangan lupa untuk menambahkan tags. Sesuaikan dengan konten yang sudah di input.


Hasil

Jika sudah menyetting semuanya. Maka kamu bisa mencobanya dengan menyalakan Status AI kamu.

Hasilnya seperti ini

Terimakasih sudah membaca tutorial ini! Jika kamu ada kesulitan dalam mengatur behavior dan knowledge. Jangan ragu untuk menghubungi kami ya!

Tutorial Terkait

Butuh Bantuan?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami kesulitan, tim support kami siap membantu.

Hubungi Support